*** BERPIKIR BESAR - BERANI MENCOBA - JANGAN TAKUT GAGAL - MULAILAH DARI SEKARANG ***

19 Januari 2014

Labaik Allahuma Labaik

Foto dilantai 4 ( paling atas ) Masjidil Haram bersama Ibu dan Mertua

Kabar tentang pemotongan jumlah calon jamaah haji tahun 2013 membuat kami was - was, apakah kami termasuk salah satu dari calon jamaah yang ikut pemotongan tersebut. Kalaupun kami termasuk dalam jamaah yg ikut diundur keberangkatannya kami ikhlas karena haji adalah panggilan, kita berencana dan keputusan Allah adalah yang terbaik. Pemotongan jamaah haji tahun ini dikarenakan renovasi perluasan masjidil Haram yang diperkirakan selesai sampai tahun 2016. Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, tahun 2013 kami tidak ikut rombongan yang ditunda keberangkatannya, sehingga kami bisa menunaikan Haji bersama Ibu dan mertua tahun ini.


Jumlah jemaah tahun ini berkurang dibanding tahun lalu dipicu oleh kekhawatiran masalah kesehatan virus pernapasan mematikan, Mers, dan pemotongan kuota jamaah haji asing.
Otoritas Arab Saudi mengumumkan bahwa semua jemaah haji telah mencapai Mina, dekat Mekkah untuk menelusuri jejak Nabi Muhammad 14 abad lalu. Menteri Dalam Negeri Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Nayef mengatakan ada 1,38 juta jemaah dari luar Arab, turun 21 persen dibanding tahun lalu yang mencapai 1,75 juta.
Sebanyak 1,29 juta jemaah berasal dari 188 negara. Tahun ini, Kerajaan Arab Saudi memotong kuota jemaah dari luar negeri sebesar 20 persen karena kekhawatiran infeksi dari virus Mers. Arab Saudi juga tengah menyelesaikan proyek-proyek besar untuk memperluas kapasitas Masjidil Haram.

Perkiraan pemerintah Arab Saudi Haji tahun ini akan penuh sesak karena pembanguan belum selesai dan tempat untuk tawaf mengecil hanya mampu menampung separoh dari jamaah biasanya. Ternyata proyek pemugaran berlangsung lebih cepat dari yang diperkirakan sehingga jamaah haji tahun ini tergolong paling nyaman dan tidak terlalu banyak antrian, bayangkan dari total jamaah haji biasanya untuk tahun ini total keseluruhan  hingga 37.5 persen.

Alhamdulillah rangkaian haji bisa kami lalui tanpa halangan yg berarti, mulai berangkat dari tanah suci tanggal 8 Oktober dan kami tiba kembali lagi di tanah air tanggal 18 Nopember 2013 dengan selamat.



Foto Usai sholat Isya' di lantai 2 Masjidil Haram


Foto di halaman Masjid Nabawi


Foto di Padang Arafah saat wukuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar ANDA :