*** BERPIKIR BESAR - BERANI MENCOBA - JANGAN TAKUT GAGAL - MULAILAH DARI SEKARANG ***

05 Mei 2013

Training "Wirausaha sebagai solusi persiapan Pensiun Dini"

( Training persiapan pensiun dengan berwirausaha )

Tak terasa 3 tahun sudah saya resign dari karyawan swasta dan selama hampir 13 tahun menjadi karyawan swasta terbalas sudah dengan keputusan mengundurkan diri dari pekerjaan untuk fokus menekuni wiraswasta menjadi pedagang karpet per tanggal 25 April 2010.

Sebagai rasa hormat dan kecintaan saya terhadap perusahaan yang telah membesarkan saya selama 13 Tahun yaitu PT Kabel Metal Indonesia, saya memenuhi undangan pengurus SPSI untuk mengisi training kewirausahaan dalam menghadapi Pensiun.

Rasanya seperti masih sebagai karyawan dan suasana benar - benar akrab saat saya menyampaikan materi training diantara teman - teman yang dulunya bersama - sama bekerja di lingkungan perusahaan yang sama.

Memulai wirausaha sangat perlu dan segera dilakukan bagi kita yang merupakan karyawan swasta, mengapa demikian, karena karyawan swasta beda dengan pegawai negeri. Pegawai negeri tidak akan mempermasalahkan saat dimana mereka sudah pensiun bahkan banyak diantara mereka memutuskan untuk mengambil persiun dini karena mereka mendapatkan jaminan pensiun

Sedangkan karyawan swasta tidak demikian. karena perusahaan milik swasta bukan pemerintah banyak yng tidak menyediakan pensiun tetapi hanya menyediakan uang pesangon saat selesai bekerja. Sebenarnya uang pesangon tersebut jauh dari cukup untuk kalangan tertentu dan mungkin ada juga yang lebih dari cukup untuk perusahaan - perusahaan yang terkenal.

Sering kita jumpai dan ini banyak terjadi, selepas pensiun si karyawan baru memulai usaha dan benar - benar menjalankan pekerjaan yang sesungguhnya mengapa ?

Pada saat bekerja sebagai karyawan tetap atau orang disebut "ZONA AMAN" mereka tidak perlu kawatir akan kekurangan atau tidak mendapatkan uang karena setiap akhir bulan mereka akan selalu menerima gaji dan gaji tersebut tidak akan berkurang meskipun perusahaan sepi atau Si Pekerja sakit akan diganti semua perawatannya.

Hal ini tidak akan didapat lagi saat mereka sudah pensiun. Saat pensiun alam yang sesungguhnya akan dirasakan berat manakala si pekerja belum pernah berwirausaha. Karena dalam wirausaha yang ada adalah untung dan rugi, kalo tidak untung ya rugi kalo tidak berhasil transaksi ya tidak akan ada uang yang masuk sehingga pendapatannya ditentukan dari berapa transaksinya tiap bulan.

Untuk menyiapkan pensiun inilah maka karyawan swasta harus sudah memulai melirik bisnis sambilan yang mana nantinya bisa menjadi penopang hidup manakala memasuki usia pensiun, bahkan kalo ternyata usahanya lebih maju bisa mempertimbangkan untuk mengajukan pensiun dini.

Mengapa harus segera memutuskan pensiun dini saat usaha sudah mulai maju, atau istilah bapak Wan Muhammad 3x gaji kita harus berani mengekskusi, karena saat usaha kita sudah dilevel itu kita harus sudah bisa memilih mana yang akan diprioritaskan, karena pekerjaan atau usaha harus fokus.

dari sisi Pekerja akan membuat kita lebih konsentrasi dengan banyaknya waktu dan tentunya pikiran kita tidak bercabang saat menjalankan bisnis. sedangkan dari pihak perusahaan akan merasa diuntungkan karena saat usaha sudah dipersimpangan biasanya si karyawan kurang konsentrasi sehingga akan merugikan perusahaan. dengan program pensiun dini menjadi win - win solusi bagi pekerja dan perusahaan.

Sedang berbincang - bincang dengan peserta yang notabene adalah teman-teman semua 
saat menjadi karyawan di KMI

1 komentar:

Komentar ANDA :