*** BERPIKIR BESAR - BERANI MENCOBA - JANGAN TAKUT GAGAL - MULAILAH DARI SEKARANG ***

04 Agustus 2010

Kenapa kita harus menciptakan peluang usaha diluar jam kerja ?

Seminggu yang lalu saya bertemu dengan seseorang, beliau adalah salah satu karyawan BUMN terkenal di Jakarta. Kami dipertemukan karena sedang mengerjakan proyek pemasangan karpet. setelah berbincang panjang lebar kami menceritakan awal mula merintis usaha sampai akhirnya berani memutuskan keluar kerja proses itu saya alami kurang lebih hampir 6 tahun.

Beliau bercerita ( maaf tidak saya sebut nama dan tempatnya ) sebentar lagi akan pensiun. Kurang lebih 2 tahun. Sampai saat ini beliau belum memiliki persiapan apapun untuk menghadapi pensiun. Mungkin salah satu asetnya adalah putranya yang sekarang masih dibangku kuliah.

Meskipun gajinya diatas 10 juta namun pada saat pensiun nanti mungkin hanya seperempat saja yang diterima. Jaman sekarang uang segitu dan mungkin kehidupan yang terbiasa dengan haji besar tidak akan cukup.

Apa yang harus saya lakukan pak heru dengan umur yang sudah tua ini ?

Sebenarnya tidak ada kata terlambat, banyak orang yang sukses dengan meniti karier setelah pensiun dan banyak juga orang yang sukses meski umurnya baru kepala 2, tinggal kita mo pilih yang mana ?

Dua tahun bisa untuk memulai usaha, usaha tidak harus ditangani sendiri tapi bisa menggunakan prinsip Pak Purdi : botol , bobol dan bodol yaitu bisnis pakai tangan orang lain jadi kita bisa membayar orang lain untuk mengerjakan bisnis kita, dengan teknologi telepone, kita bisa mengatur semua kerjaan meskipun kita tidak ada ditempat. Atau dengan bobol yaitu kita membeli frenchise bisnis yang berjalan dengan lancar seperti indomart atau alfamart. Kemaren saya bertemu dengan wirausaha di alex bekasi, beliau telah memiliki 6 cabang kebab dengan penghasilan yang lumayan bagus.

Kenapa kita harus memulainya dari sekarang ?

Pernah saya memutuskan untuk mencari kerja diluar agar pendapatan saya bisa bertambah. Alhamdulillah berkat saran dari temen dan motivator saya mas hasan saya tidak jadi saya lanjutkan.

Dengan umur yang masih produktif kita bisa lebih fleksible kemana-mana dengan target umur 40 an kita sudah mapan dalam arti kita harus sudah memiliki pilihan hidup yang tetap.
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan kepada kita harus memulai berbisnis dari sekarang :

1. Setiap yang bekerja apalagi yang swasta pasti akan keluar kerja dengan 3 kemungkinan yaitu :
a. Di PHK
b. Pensiun
c. Meninggal dunia
2. Diluar banyak orang yang membutuhkan kita. ( saya pernah mendengarkan nasehat di radio dakta dari pesantren enterpreniur : orang yang nrimo dan ga neko - neko dengan merasa hidup sudah cukup dengan membahagiakan keluarga ternyata termasuk orang yang egois kenapa ? karena banyak yg diluar sana memerlukan pemikiran dan kerja keras kita. Apakah kita berdiam diri melihat banyak sekali pengangguran disekitar kita bahkan saudara kita dikampung mungkin juga masih banyak yang menganggur.
3. Persiapkan pondasi buat anak kita. Mulailah dari sekarang banyak orang yang sukses dimulai dari nol.
4. Pergunakan masa mudamu sebelum datang waktu tuamu.
5. Kesempatan tidak datang dua kali

2 komentar:

  1. Setuju Mas... tetap semangat dalam menerapkan prinsip yang dipegang!

    BalasHapus
  2. Pak Heru saya terinspirasi dengan cerita bapak.Saat ini saya bekerjadi bisnis konsultan IT( baru 6 bulan) dansebelumnya saya pernah bekerja di perusahaan penerbitan +/- 12 tahun dan akhirnya saya mint pensiun dini karena ingin mengembangkan hobby untuk bisa menghasilkan uang.Setelah keluar saya sempat fokus di hobby itu namun sampe 6 bulan kemudian ternyata hobby yang saya geluti belum menemukan titik terang untuk bisa menafkahi kebutuhan rumah tangga. Akhirnya saya terpaksa kerja lagi ditempat yang sekarang ini. Sampai sekarang saya ragu apakah saya bisa menjadi seorang enterpreneur seperti pak Heru. Mohon masukannya. Terimakasih.

    BalasHapus

Komentar ANDA :